Cara Analisa Kerusakan HP Memakai Power Supply HP

October 8th, 2018 by admin

Power supply HP memiliki peran penting pada proses perbaikan handphone terutama untuk mendeteksi tegangan ponsel ketika mengalami kerusakan.

Power supply HP bisa membantu Anda untuk menganalisis kerusakan handphone dari tegangan dan ampere yang dihasilkan. Biasanya nilai dari tegangan dan ampere ini akan berbeda-beda ketika dihubungkan dengan power supply sehingga Anda harus mencatat hasil tegangan tersebut dengan seksama. Untuk bisa menganalisa tegangan handphone menggunakan power supply, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Melakukan Analisa Kerusakan HP Menggunakan Power Supply HP

1. Pastikan power supply hidup dan semua kabel sudah terpasang serta terinstal dengan baik.

2. Hubungkan kabel merah (+) power supply ke titik positif baterai handphone.

3. Hubungkan kabel hitam (-) power supply ke titik negatif baterai handphone.

4. Kemudian tekan switch atau saklar pada di panel ke posisi ON.

5. Amati dan pastikan munculnya output pada display atau pergerakan jarum amperemeter yang menunjukkan hasil analisa kondisi handphone.

6. Hasil perubahan jarum tegangan tersebut menjadi analisa awal apakah handphone yang Anda cek mengalami kerusakan baik software dan hardware atau tidak.

7. Pada keadaan normal, jarum jarum akan berada di angka 0. Jika ponsel bermasalah, maka jarum A akan naik lalu turun lagi atau menunjukkan angka tertentu setelah saklar ditekan.

8. Apabila terjadi kenaikan arus, berarti ada komponen handphone yang short atau terjadi kerusakan, biasanya pada IC Power, IC Charging atau PA. Bila terjadi kerusakan, maka komponen tersebut perlu diganti.

9. Display output power supply HP ini terdiri dari empat warna. Warna merah sebagai positif, hitam sebagai negatif, hijau atau biru sebagai Btemp (Battery Temperature) dan Kuning sebagai BSI (Battery System Information).

Pada umumnya power supply HP yang beredar di pasaran ada dua jenis yakni power supply digital dan analog yang bekerja pada sumber tegangan 220 VAC. Power supply tak hanya bisa dipakai untuk menganalisis kerusakan handphone, tapi juga untuk mengisi daya baterai handphone yang berada dalam kondisi kosong. Selain membutuhkan power supply, Anda juga perlu menyiapkan program dan kabel data yang sesuai dengan jenis handphone untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Posted in Electronics | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.