Cara Memperbaiki Power Supply Handphone

Bahasan kali ini, akan lebih banyak membahas soal power supply handphone. Tahukah Anda power supply sendiri merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki kegunaan memberi suatu tegangan arus listrik pada komponen lainnya. Salah satunya adalah pada handphone.
Cara Memperbaiki Power Supply HP
Nah, sebelum membahas lebih jauh cara memperbaiki power supply handphone. Rangkaian kerja power supply adalah berjenis AC, yang mana arus listriknya bolak balik sekaligus dapat mengubahnya menjadi arus DC yaitu searah. Adapun berikut cara memperbaiki power supply di handphone Anda rusak.

  1. Langkah pertama, tentu melakukan tes terlebih dahulu. Tes power supply dan pastikan rusak tidaknya. Caranya sederhana, ada tiga cara yang bisa digunakan untuk menguji atau mengetahui kerusakan power supply. Yang pertama adalah dengan melakukan tes PSU otomatis. Lalu kedua dengan tes manual dengan menghubungkan ujung kabel output tertentu. Dan yang terakhir adalah dengan multimeter.
  2. Berikutnya melepas kotak power supply handphone dari cassing. Dengan membuka cassing, Anda pun akan mengetahui apakah ada komponen yang terbakar atau tidak. Kemudian bersihkan juga bekas lem untuk memeriksa komponen koneksi kabel dengan board. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kemungkinan kebocoran pada bagian ini.
  3. Periksa satu persatu komponen, mulai dari FUSE, transitor power, diode bridge, transistor pembangkit, kapasitor dan resistor. Diperlukan pemeriksaan satu persatu terhadap komponen power supply. Pengecekan bisa dilakukan dengan avo meter atau multimeter. Ciri umum jika salah satunya tidak bekerja adalah jarum multimeter tidak bergerak ketika dialiri arus tegangan. Anda kemudian bisa mengganti komponen yang tidak bekerja.
  4. Setelah semua proses pemeriksaan berikut dengan perbaikan dengan mengganti komponen yang rusak telah dilakukan, cara terakhir adalah dengan menguji kembali power supply handphone.
    Itulah cara mudah memperbaiki power supply handphone yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pada dasarnya, kerusakan power supply bisa dipicu oleh kelebihan beban, sistem grounding buruk juga tegangan masuk yang tidak stabil. Selain itu, risiko paling banyak dialami adalah power supply yang kepanasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *