Cara Menggunakan Power Supply Untuk Menganalisa Kerusakan HP

April 8th, 2019 by admin

Power supply hp adalah alat yang bisa digunakan untuk menganalisa dan juga memperbaiki kerusakan pada hp misalnya hp yang suka mati sendiri atau bahkan mati total. Alat ini bisa Anda miliki bagi yang ingin membuka usaha jasa servis perbaikan hp atau untuk dimiliki pribadi sehingga Anda bisa memperbaiki sendiri kerusakan pada hp meski tidak semua jenis kerusakan hp bisa diatasi dengan power supply hp. Berikut adalah beberapa cara bekerja dengan menggunakan power supply untuk menganalisa dan juga memperbaiki hp.

Jika hp mati total tanpa tahu penyebabnya

Pasang kabel dari power supply ke baterai ponsel dengan urutan warna hitam (negatif), hijau (BSI), dan merah (positif). Kemudian setel power supply dengan ukuran tegangan listrik 3,6 V atau sesuaikan dengan spesifikasi ponsel dengan toleransi 0,5 V. Hp yang tadinya dalam kondisi mati kemudian tekan tombol power untuk menyalakannya. Bila pada posisi menyala ternyata ukuran ampere meter diam saja maka ada masalah pada perangkat kerasnya. Jika ampere meter menunjukkan angka sekitar 5mA maka ada masalah pada perangkat lunaknya sehingga perlu dilakukan pemrograman ulang.

Jika hp mati total karena jatuh

Jika hp yang mati total disebabkan karena jatuh, jangan langsung menghubungkan power supply hp dengan baterai hp. Bongkar dulu perangkatnya, dipanasi, kemudian pasang kembali untuk memperbaiki perangkat keras yang bisa berubah letaknya karena terjatuh. Baru kemudian perangkat dites menggunakan power supply untuk melihat apakah yang rusak perangkat lunak atau keras. Pada perangkat keras yang rusak karena jatuh biasanya yang rusak adalah IC PA/IC power-nya.

Jika hp mati total karena air

Hp yang kecemplung air atau basah kena air biasanya akan menyebabkan hp jadi mati mendadak. Bagi Anda yang mengalami kejadian seperti ini jangan langsung coba dinyalakan kembali perangkat sebelum benar-benar kering. Jika ingin diperbaiki menggunakan power supply hp, sebelumnya perangkat dibongkar dulu kemudian divakum untuk menyedot air yang masuk ke sela-sela komponen halus, dipanasi agar kering, atau menggunakan butir silika untuk memastikan tidak ada air di perangkat. Baru kemudian dites menggunakan power supply untuk dilihat sumber kerusakannya.

Posted in Electronics | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.