Cara Menggunakan Solder UapCara Menggunakan Solder Uap

Solder uap merupakan salah satu karya dari jenis solder yang biasanya disebut dengan blower hot air. Hal tersebut dikarenakan cara menggunakan solder uap mini dengan memakai hawa. Pada umumnya, dalam penggunaan blower standar terdapat dua pengaturan yaitu kemampuan panas atau heating dan tekanan atau tembusan.

Kemampuan panas akan dikeluarkan melalui mata solder dan kemampuan hembusan akan dipancarkan. Dari 2 pengaturan tersebut akan bekerja dengan linear satu dengan yang lainnya. Jadi semakin tinggi suhu hawa yang akan dipancarkan oleh solder uap, maka akan semakin kuat pula jika tekanan hawa dinaikkan yang bisa dikeluarkan.

Cara Penggunaan Yang Baik Dan Benar

Sebenarnya cara untuk memakai solder uap ini cukup sederhana dan dalam pengaplikasiannya solusinya tidak jauh dari solder konvensional. Apa perbedaan dari solder Huawei dengan biasa yaitu titik tumpu pemanas yang dipakai adalah mata solder mengisi yang bentuknya batangan seperti besi. Sedangkan pada solder uap panasnya itu yaitu panas dan angin yang dikeluarkan jika dari lu bisa bangun atau nozzle kemudian melelehkan timah.

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan solder uap.

  • Pertama tegangan 110-220 VAC hubungkan kan tekan tombol ON yang ada di solder uap.
  • Kemudian jika solder uap sudah hidup, aturlah atau setting level pemanas dan juga angin yang Anda inginkan.
  • Untuk solder uap digital, tekanlah UP maupun DOWN untuk melakukan pengaturan pada Anas serta tekanan angin. Nah, untuk solder uap analog hanya perlu memutar saja pada posisi yang Anda inginkan.
  • Jika dirasa panas dan tekanan anginnya cukup, maka solder uap sudah siap dipakai menyolder.
  • Akan tetapi, perlu Anda ingat, kalau setiap komponen tentunya punya batas pemanasan sendiri-sendiri. Maka dari itu jangan lupa untuk mengangkat komponen, dipasang maupun hanya untuk mematikan fungsi reheater.

Nah, itulah cara untuk menggunakan solder uap yang baik dan benar. Anda bisa mengikuti acara tersebut karena memang cara untuk menggunakannya cukup sederhana. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa ikuti tata caranya dengan baik. Selamat mencoba menggunakan solder uap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *