Cara Menghidupkan Ponsel Dengan Power Supply Handphone

Sebagaimana namanya, power supply fungsi utamanya adalah menyalurkan serta memberi tegangan arus listrik pada suatu perangkat elektronik. Oleh karenanya, power supply banyak digunakan oleh orang untuk membantu memberi daya seperti pada handphone. Cara kerja power supply handphone cukup sederhana.
Begini Cara Kerja Power Supply Handphone
Umumnya adalah dengan mengalirkan arus listrik untuk handphone dengan arus AC menjadi DC. Handphone adalah salah satu perangkat dengan kebutuhan arus DC (searah), sedang arus listrik yang ada adalah berdaya AC (bolak-balik). Sederhananya, sistem kerjanya adalah akan mengubah daya listrik yang umumnya berdaya 120 V menjadi bentuk aliran daya yang dibutuhkan oleh masing-masing perangkat.
Maka dari itu, power supply handphone digunakan untuk memproses arus listrik AC menjadi DC. Yang mana hasil menggantikan daya ini dapat digunakan untuk menggerakkan perangkat elektronik maupun kelistrikan lainnya. Adapun power supply pada handphone terdiri dari komponen-komponen sepert FUSE, transitor power, diode bridge, transistor pembangkit, induktor, kapasitor dan resistor.
Cara Menghidupkan Ponsel Dengan Power Supply HP
Untuk menggunakan power supply menghidupkan handphone cara kerjanya sederhana. Pada dasarnya, handphone yang mati disebabkan oleh beberapa hal, seperti kerusakan pada hardware atau softwarenya. Berikut langkang menghidupkan handphone atau ponsel dengan power supply.

  1. Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu
    Biasakan untuk mengeceknya terlebih dahulu untuk mendeteksi kerusakan pada bagian apa. Pertama pasang kabel pada konektor baterai dengan minimal 3 kabel hitam, hijau, merah dengan urutan negatif, BSI dan positif. Arahkan volt sekitar 3,6 V atau sesuai toleransinya 0,5 V. Jika jarum ampere diam, kerusakannya pada hardware dan sebaliknya jika diam berarti pada software.
  2. Menghidupkan Handphone
    Setelah mengetahui kerusakan di bagian mana, nyalakan power supply handphone kembali. Pastikan jarum voltage berada di antara 3.6 sampai dengan 5 volt. Atau sesuai dengan voltage baterai pada handphone umumnya. Lalu hubungkan kabel atau probe ialah titik tumpu atau test point dengan perangkat power supply. Handphone akan menyala dengan sendirinya untuk kemudian Anda bisa melakukan penggantian atau perbaikan komponen yang rusak.
    Singkat pembahasan mengenai cara menghidupkan ponsel dengan power supply handphone. Penting untuk mengetahui terlebih dahulu sebab handphone mengalami mati total terlebih dahulu. Untuk kemudian melakukan perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *