Inilah Penyebab Paling Sering Kerusakan Power Supply HP

Inilah penyebab paling sering kerusakan power supply HP. Sebagai teknisi HP Anda tentu sudah familiar sekali dengan power supply. Kegunaan alat yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk memperbaiki ponsel yang rusak, ya.

Namun, akan menjadi masalah baru jika power supply teknisi HP juga mengalami kerusakan. Ternyata, beberapa hal di bawah ini adalah penyebab paling sering dari kerusakan power supply Anda. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Dari Sekeringnya

Penyebab pertama yang biasanya terjadi adalah dari sekering power supply Anda. Sekering sendiri berfungsi sebagai hambatan arus listrik langsung yang bersumber tegangan. Jika sumber arus listriknya naik, maka tegangannya pun akan melebihi kapasitasnya. Inilah yang akan menyebabkan elemen sekering terputus. Power supply pun jadi tidak berfungsi.

Dari Travonya

Penyebab paling sering kedua dari rusaknya power supply HP Anda adalah travo. Travo adalah penyelaras arus atau yang mengubah arus dari AC menjadi DC. Masalahnya, biasanya travo akan terbakar karena power supply yang terlalu lama menyala. Apabila travo terbakar, maka power supply pun tidak akan berfungsi dan harus diganti dengan travo yang baru.

Dari Voltmeter atau Amperemeter

Penyebab selanjutnya adalah dari kedua komponen ini. Power supply merupakan alat yang tidak dilengkapi dengan angka meter. Karena itu, saat menggunakan alat ini, Anda harus terus melihat jarum atau digit pada voltmeternya. Jika digunakan terus menerus, maka komponen voltmeter akan terlalu panas. Ini bisa membuatnya rusak atau terbakar. Power supply pun tidak berfungsi lagi.

Dari Resistornya

Resistor juga menjadi penyebab yang bisa membuat power supply teknisi HP Anda mengalami kerusakan. Cobalah ulirkan potensio, apakah gerakan jarum atau digit pada voltmeter bergerak dengan stabil? Jika gerakannya lebih lambat atau lebih cepat dari pergeseran potensio, maka bisa dipastikan bahwa power supply rusak. Penyebabnya bisa karena kerusakan resistor pada voltmeter.

Itulah beberapa penyebab kerusakan pada power supply HP yang paling sering terjadi. Bagaimana, sudah sedikit ada gambaran, bukan? Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *