Kenali Apa Saja Fungsi Power Supply Handphone

Membahas soal alat kelistrikan dan jenis elektronik lainnya adalah menarik. Apalagi era sekarang yang tidak bisa lepas dari alat elektronik maupun alat kelistrikan. Salah satu yang menarik dibahas adalah power supply handphone. Power supply banyak digunakan oleh orang untuk membantu mensupply atau memberi daya pada perangkat atau alat elektronik, seperti handphone.
Cara kerja power supply teknisi hp adalah dengan mengalirkan arus listrik untuk komponen atau alat elektronik dengan arus AC menjadi DC, alias komponen yang ber-arus searah. Power supply secara umum membutuhkan sumber listrik. Sumber listrik ini nantinya akan diproses menjadi energi untuk menggerakkan perangkat elektronik maupun kelistrikan lainnya.
Sederhananya, sistem kerjanya adalah akan mengubah daya listrik yang umumnya berdaya 120 V menjadi bentuk aliran daya yang dibutuhkan oleh masing-masing perangkat. Adapun komponen di dalamnya yang bekerja adalah FUSE, transitor power, diode bridge, transistor pembangkit, induktor, kapasitor dan resistor.
Fungsi Power Supply Handphone
Sebagaimana namanya, power supply memiliki fungsi menyalurkan dan memberi tegangan arus listrik. Di samping itu, power supply juga dapat menurunkan tegangan arus listrik pada suatu perangkat elektronik. Bagi perangkat elektronik seperti komputer maupun handphone, power supply memiliku fungsi yang cukup vital.
Apabila terjadi kerusakan pada power supply atau ada salah satu bagiannya yang rusak maka perangkat elektronik seperti handphone akan terganggu dan yang paling sering terjadi adalah tidak menyala sama sekali.
Berikut ini fungsi power supply handphone.

  1. Mengubah Arus AC Menjadi DC
    Fungsi utamanya tentu untuk mengalirkan arus listrik pada hardware DC seperti handphone.Power supply umumnya akan mengubah arus AC (arus bolak-balik) menjadi DC (searah). Memberikan arus ini berarti juga sebagai alat charger daya.
  2. Menggantikan Tegangan Voltage
    Fungsi lainnya adalah pengganti tegangan voltage yang umumnya digunakan untuk menganalisa kerusakan pada handphone melalui test point.
  3. Menyetabilkan Tegangan
    Terakhir adalah untuk menyetabilkan tegangan yang masuk ada handphone. Karena apabila tegangan masuk tidak stabil atau kelebihan beban. Risiko paling banyak terjadi adalah handphone kepanasan hingga mati total.
    Power supply cukup vital fungsinya, terutama pada handphone. Oleh karenanya, tentu dibutuhkan ekstra perhatian dan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *