Mengenal Solder Uap (Solder Blower) dan Teknik Dasar Pengoperasiannya

Solder merupakan salah satu peralatan yang biasa diperlukan dalam proses perakitan / perbaikan alat – alat elektronik. Ada beberapa jenis solder yang ada di pasaran, salah satunya adalah solder uap. Bagi Anda yang belum familiar dengan jenis solder ini, berikut adalah beberapa ulasannya :

Apa itu solder uap

Jenis solder ini biasa disebut juga dengan nama solder blower. Hal ini karena dalam proses penggunaan atau pengoperasiannya menggunakan udara. Pada jenis solder blower standar, dalam pengoperasiannya terdapat minimal 2 pengaturan. Pengaturan pertama adalah terkait kekuatan panas yang dikeluarkan, dan pengaturan lainnya adalah mengenai tekanan udara yang dikeluarkan. Saat solder uap dioperasikan, maka kedua pengaturan ini akan bekerja bersamaan satu sama lain. Hal ini berarti saat suhu atau kekuatan panas yang dikeluarkan semakin tinggi, maka tekanan udara yang dihasilkan pun juga akan semakin besar.

Spesifikasi solder blower (solder uap)

Dalam proses perbaikan mau pun perakitan piranti elektronik, ada beberapa spesifikasi solder uap yang biasa digunakan, yaitu solder uap welding remover. Beberapa di antaranya adalah :

  • Biasanya dipergunakan untuk menyolder komponen yang sangat kecil, seperti SMD
  • Dapat pula digunakan untuk tabung baju panas (heat shirt tube)
  • Temperature atau suhu panasnya dapat diatur mulai dari 100˚C hingga 540̊C
  • Biasanya dilengkapi pula dengan sirkuit anti static yang berfungsi untuk melindungi kemungkinan kerusakan komponen. 

Teknik dasar pengoperasian solder uap

Untuk pengoperasian solder blower ini pun sebenarnya tidak diperlukan langkah – langkah yang sulit. Setelah perangkat solder tersambung dengan sumber listrik, Anda hanya perlu menekan tombol on pada solder tersebut dan melakukan pengaturan pada suhu pemanas dan tekanan uap yang diinginkan. Bila Anda menggunakan blower digital, Anda hanya perlu menekan tombol up atau down untuk pengaturan panas dan tekanannya. Sementara pada solder uap analog, perubahan suhu dan tekanan uap dilakukan dengan memutar tuas pengaturnya. Saat level panas dan tekanan anginnya sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, solder ini sudah dapat Anda gunakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *